Pesona Curug Cimahi

Iklan Semua Halaman

www.uhamka.ac.id/reg

Header Menu

Pesona Curug Cimahi

24.2.19
Tahukah anda dimana Cimahi berada? Cimahi berada di sebelah Barat kota Bandung. Dan saat ini menjadi bagian dari kota Bandung Barat. Di banding kota Bandung, Cimahi memang kalah populer tetapi ternyata di Cimahi anda bisa menemukan tempat wisata air terjun yang masih perawan.

Orang-orang sekitar meneybutkan Curug Cimahi. Curug adalah bahasa Sunda yang berarti Air Terjun. Dan Curug Cimahi adalah air terjun yang bersumber dari Sungai Cimahi. Jika anda sedang jalan-jalan ke Bandung, cobalah mampir ke Curug Cimahi dan rasakan segarnya berwisata ke sana.

wisata alam air terjun di Cimahi, dekat BandungKalau berbicara tentang Cimahi, memang pusat kotanya panas tetapi ada banyak daerah di bagian dataran tinggi dan menawarkan tempat wisata menarik, salah satunya ya Curug Cimahi. Jika sebelumnya anda hanya tahu Tangkuban Perahu sebagai tempat wisata favorit di Bandung, catat baik-baik bahwa ada air terjun Curug Cimahi yang pantas untuk dipertimbangkan menjadi tempat wisata mengusir penat rutinitas kerja.

Lokasi Curug Cimahi berada di jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug Cimahi meluncur dari ketinggian 85 meter dan merupakan curug tertinggi di Bandung dibanding Curug Maribaya dan Curug Panganten. Objek wisata alam ini menempati area seluas 2 hektar. Rasakan sensasi percikan air terjun dari jarak belasan meter. Saat-saat tertentu jika beruntung, anda dapat melihat pelangi yang tampak indah di sini.

Bagi sebagian orang yang percya, bila menadahkan badan di bawah guyuran air terjun Curug Cimahi, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Wallahu a’lam.

Dengan kondisi air yang jernih, serta alam yang sangat indah banyak hal yang dapat anda dilakukan saat berkunjung ke Curug Cimahi. Menikmati kesejukan dan keindahan alam sambil mandi, berendam, atau bermain-main air dapat menyegarkan kembali tubuh yang sudah lelah karena kegiatan sehari-hari.

Harga Tiket Curug Cimahi
Untuk bisa melihat pesona indahnya Curug Cimahi, anda harus berjuang dulu memang. Menuruni anak tangga sejumlah 687 buah dari pintu gerbang. Adapun tiket masuknya seharga Rp 10.000,-. Ajaklah sanak famili atau teman-teman dan rasakan segarnya udara pegunungan dan indahnya air terjun Cimahi.

Akses ke Curug Cimahi
Curug Cimahi mudah untuk dijangaku baik dari pusat keramaian Cimahi atau Bandung. Menuju Curug Cimahi, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bila menggunakan kendaraan pribadi perjalanan dimulai dari pusat Kota Bandung. Rute yang dilewati melalui jalur Bandung-CihideungiCisarua dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Namun, bila menggunakan kendaraan umum perjalanan dapat dimulai dari Terminal Pasar Atas Cimahi atau Terminal Lembang. Jika memulai perjalanan dari Terminal Pasar Atas Cimahi, wisatawan dapat menggunakan jasa bus jurusan Cimahi—Cisarua dengan tarif Rp5.000,00 untuk sampai ke lokasi. Akan tetapi, bila melalui terminal Lembang, bus yang dinaiki ialah jurusan Lembang—Cisarua, kemudian turun di depan gerbang objek wisata Curug Cimahi. Jika dari Bandung kota, anda ke terminal Ledeng di dekat pondok pesantren Daarut Tauhid dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dari terminal Ledeng, carilah angkot ke terminal Lembang.

Fasilitas
Fasilitas yang terdapat di area wisata Curug Cimahi antara lain musholla, area parkir, shelter, pusat informasi, dan peta lokasi objek wisata. Di sekitar Curug Cimahi anda dapat menemukan pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Selain makanan juga ada pedagang yang menjual mainan anak, topi, dan cinderamata khas Jawa Barat.

Saat ini, Curug Cimahi berada dibawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Dan berikut adalah alamat dinas tersebut

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Provinsi Jawa Barat
Jln. RE Martadinata 209, Bandung
Telepon  : (022) 7271385, 7273209, dan 7234654
Website  : http//www.westjava-indonesia.com
Email    : disbudpar@wetjava-indonesia.com