Hasil Kolombia vs Paraguay Skor Akhir 1-0, Los Cafeteros Sempurna

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Hasil Kolombia vs Paraguay Skor Akhir 1-0, Los Cafeteros Sempurna

Minggu, 23 Juni 2019


Kolombia memetik kemenangan 1-0 atas Paraguay dalam lanjutan Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Senin (24/06/2019) dini hari WIB. Hasil ini membuat mereka menjuarai Grup B dengan poin sempurna, yakni sembilan poin. Bagi Paraguay, mereka masih harap-harap cemas menanti peluang lolos ke 8 besar. 

Di laga ini, target Paraguay sudah jelas, yakni meraih kemenangan guna memastikan tiket ke babak perempat final tanpa bergantung pada hasil laga lain. Kans itu terbuka lebar saat di menit awal ada kesalahan dari kiper Alvaro Montero namun Derlis Gonzalez tak bisa memanfaatkannya dengan baik di depan gawang. 

Kolombia sendiri sudah dipastikan lolos sejak matchday kedua. Hasil laga ini tak menggoyahkan posisi mereka dari puncak klasemen Grup B. Hal itu membuat pelatih Carlos Queiroz melakukan rotasi di 10 posisi. Hanya Juan Cuadrado saja yang tetap bermain dari menit pertama dari 11 pemain yang berlaga melawan Qatar kemarin. 

Meski bermain dengan skuad pelapis, hal tersebut tidak mengurangi kekuatan Kolombia sama sekali. Justru Paraguay yang tidak bisa bermain lepas kali ini. Beban untuk memenangi laga tampak membuat permainan apik mereka seperti saat melawan Argentina benar-benar tidak keluar. 

Petaka menghampiri Paraguay ketika laga masuk menit 31. Kerjasama Santiago Arias dan Gustavo Cuellar sukses membongkar sektor kiri pertahanan Albirroja. Dari sudut sempit, Cuellar dengan berani melepas tendangan keras yang justru bisa berbuah gol. Bola sendiri masuk ke gawang dengan melewati sela kaki Roberto Fernandez dan memaksa Paraguay harus bekerja lebih keras untuk mencuri kemenangan. 

Paraguay yang butuh kemenangan langsung menambah daya dobrak dengan masuknya Cecilio Dominguez di interval pertandingan. Usaha tersebut sebenarnya tak terlalu memberikan hasil. Permainan Paraguay sendiri terlihat tak membaik bahkan sampai 15 menit babak kedua berjalan. 

Kolombia nyaris menggandakan skor di menit 60. Sebuah tembakan keras dilepaskan Cardona namun terhalang oleh refleks brilian yang ditunjukkan Fernandez. Beberapa menit kemudian, keberuntungan berikutnya menaungi Paraguay ketika gol Kolombia dianulir. 

Luis Diaz sebenarnya mampu melesakkan bola dengan indah lewat tembakan kerasnya. Namun, setelah melihat tayangan di VAR, wasit menilai bahwa bola sempat menyentuh lengan Diaz dan ia pun dinyatakan handball. 

Meski tertolong oleh VAR, Paraguay tetap tak bisa berbuat banyak. Tiga pergantian yang dilakukan Berizzo pun juga tak membantu kualitas permainan tim secara keseluruhan. Sampai laga selesai, Paraguay gagal mencetak dua gol balasan dan harus menelan kekalahan di laga ini. 

Mengenai peluang lolos, Paraguay tetap memiliki kesempatan itu. Syaratnya adalah mereka berharap Jepang hanya bisa bermain imbang dengan Ekuador di laga Grup C untuk mengunci satu dari dua tiket via jalur peringkat tiga. Namun andai ada pemenang di laga Ekuador vs Jepang tersebut, maka otomatis Paraguay harus tersingkir.

Pencetak Gol: Cuellar 31' 

Susunan Pemain: 

Kolombia: Alvaro Montero; Santiago Arias, Cristian Zapata, Jhon Lucumi, Cristian Borja; Jefferson Lerma, Gustavo Cuellar; Edwin Cardona (Wilmar Barrios 85'), Juan Cuadrado (James Rodriguez 58'), Luis Diaz; Radamel Falcao (Duvan Zapata 66') 

Paraguay: Roberto Fernandez; Ivan Piris, Gustavo Gomez, Junior Alonso, Santiago Arzamendia; Richard Sanchez, Rodrigo Rojas (Juan Iturbe 63'), Matias Rojas (Cecilio Dominguez 46'), Derlis Gonzalez (Oscar Romero 82'); Miguel Almiron; Oscar Cardozo.

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : Tirto.id
Sumber : Tirto.id