Mobile Menu

navigasi

More News

Apa yang dimaksud dengan morphine?

01.18



Morphine merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dengan intensitas sedang hingga intensitas tinggi, pada umumnya digunakan pada ada pasien penderita kanker atau au yang mengalami serangan jantung. Dalam direktori obat, morphine dapat dikonsumsi untuk mengatasi nyeri dan digunakan sebagai obat tunggal atau dicampur dengan obat pereda nyeri lainnya.

Pada pasien yang menderita nyeri yang parah biasanya dokter menggunakan obat morphine yang berfungsi untuk meredakan sakit. jika dilihat dari kategorinya morphine masuk ke dalam kategori analgesik narkotika atau apiate. rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh diubah oleh otak akibat dari pengaruh morphine itu sendiri.

o berasal dari kata morphius yang artinya adalah dewa mimpi, morphine merupakan alkaloid analgesik yang sangat kuat ditemukan pada tanaman opium. sistem saraf pusat akan bekerja ketika asupan jenis narkoba ini masuk ke dalam tubuh, hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit. namun morphine memiliki efek buruk pada tubuh manusia yaitu menurunkan tingkat kesadaran manusia.

Penggunaan morphine pada jangka panjang dapat mengakibatkan kasus yang sangat serius, morphine dapat menyebabkan perubahan hormon yang mengakibatkan peningkatan gula darah, gangguan jadwal menstruasi, osteoporosis serta resiko patah tulang Selain itu morphine juga dapat meningkatkan resiko infeksi yang lebih tinggi dan disfungsi seksual.

Beberapa kondisi pasien yang tidak boleh diberikan morphine Diantaranya adalah: (1) Hipersensitivitas terhadap morphine,  (2) Pasien dengan depresi napas dan tidak tersedia alat resusitasi, (3) Asma akut atau berat, (4) Keadaan hiperkarbia, (5) Dicurigai atau sudah pasti mengalami ileus paralitik.

Morphine juga merupakan jenis analgesik opioid yang digunakan untuk mengurangi nyeri berat, penggunaan obat ini dapat mengakibatkan rasa mual dan muntah. morphine seringkali digunakan sebagai standar pembanding bagi analgesik opioid lainnya. selain menghilangkan rasa nyeri morphine juga dapat menimbulkan keadaan euforia dan gangguan mental.

Morphine termasuk pada golongan narkotika tingkat 1 yaitu narkotika yang paling berbahaya untuk digunakan. Hal tersebut dikarenakan morphine memiliki daya adiktif yang sangat tinggi. biasanya golongan morphine ini digunakan untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, contohnya adalah ganja heroin kokain morphine dan opium.

Beberapa tahun belakangan ini opioid juga telah banyak diresepkan untuk mengobati atau mengurangi rasa nyeri kronis non kanker seperti misalnya nyeri pada punggung atau juga nyeri pada penyakit osteoartritis. jenis obat yang termasuk ke dalam kategori ini adalah Codein, morphine, metode, oxycodone, dan hidrokodon.

Saat morphine masuk ke dalam tubuh manusia, sistem saraf pusat akan mengikat dan mengaktivasi reseptor yuk yang dapat meningkatkan ambang batas nyeri sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan morphine adalah saat digunakan atau dikonsumsi oleh wanita hamil, terutama dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek teratogenik pada bayinya gejala yang ditimbulkan adalah berupa iritabilitas, hiperaktif, siklus tidur yang tidak normal, tangisan dengan nada tinggi, tremor, muntah diare dan berat badan yang sulit mengalami peningkatan.

Morphine juga dapat meningkatkan efek depresan yaitu itu ketika sistem saraf pusat lainnya seperti sedatif-hipnotik, anestetik, fenotiazin, tranquilizer.  Kata orphine berasal dari kata morpheus yang artinya adalah dewa mimpi, alkaloid analgesik yang terkandung di dalamnya sangat kuat dihasilkan dari opium. saat digunakan sebagai penghilang rasa sakit jenis narkotika dan psikotropika ini akan bekerja langsung menembus sistem saraf pusat.

Saat pasien mengalami nyeri yang sangat berat biasanya dokter akan menggunakan morphine untuk mengurangi rasa nyerinya. morphine termasuk dalam golongan obat analgesik opioid yang sangat direkomendasikan untuk mengobati rasa nyeri hebat, misalnya rasa nyeri pasca operasi, cedera serius, akibat kanker, serta serangan jantung.



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar