Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Cuti bersama Idul Adha 1444 H

Cuti bersama Idul Adha 1444 H Suara Indonesia - Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Idul Adha 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023, dan Jum...

Cuti bersama Idul Adha 1444 H

Suara Indonesia
- Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Idul Adha 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023, dan Jumat, 30 Juni 2023. Hari Raya Kurban atau tepat 10 Zulhijah 1444 H, jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Namun, terdapat perbedaan aturan mengenai cuti bersama bagi pegawai pemerintah atau PNS dan pegawai swasta.

Untuk aparatur sipil negara (ASN), mereka mendapatkan cuti bersama selama dua hari. Jika ditambah akhir pekan, ASN akan merasakan libur panjang selama lima hari. Keputusan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kelancaran mobilitas selama Hari Raya, memberikan kesempatan bagi orangtua dan anak untuk menikmati kebersamaan saat libur sekolah, serta meningkatkan pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Namun, aturan tersebut tidak berlaku bagi pekerja non-instansi pemerintah atau karyawan swasta. Cuti bersama adalah cuti khusus dari pemerintah untuk ASN dan pegawai yang bekerja di bawah instansi pemerintah. Dengan demikian, cuti bersama berlaku untuk para ASN dan pekerja instansi pemerintah tanpa mengurangi jatah cuti tahunan.

Untuk pekerja swasta, ketentuan cuti bersama terdapat dalam Surat Edaran (SE) Menaker Nomor M/3/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Cuti Bersama pada Perusahaan. Cuti bersama adalah bagian dari cuti tahunan pekerja. Pelaksanaan cuti bersama bersifat fakultatif atau pilihan sesuai kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja atau buruh. Cuti bersama bagi pekerja swasta juga dapat berdasarkan perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama dan peraturan perundang-undangan. Namun, pelaksanaan cuti bersama tetap harus mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan. Pekerja swasta yang tidak mengambil cuti bersama juga wajib dibayarkan upahnya seperti saat hari kerja biasa.





Reponsive Ads