Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Gibran Bisa Jadi Cawapres, Gurita Bisnisnya Jadi Sorotan

SUARA.co.id - Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan gugatan terkait syarat batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil...


SUARA.co.id
- Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan gugatan terkait syarat batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang ditetapkan sebelumnya, yakni 40 tahun dan pernah menjabat sebagai Kepala Daerah. Keputusan ini membuka peluang bagi Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo dan putra sulung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), untuk dicalonkan sebagai calon Wakil Presiden. Belakangan ini, wacana pencalonan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden semakin memanas. Keputusan MK ini dianggap sebagai faktor perubahan penting dalam proses pencalonan capres dan cawapres yang akan dibuka untuk pendaftaran pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Nama Gibran telah menarik perhatian publik, dan banyak yang menantikan keputusan politiknya. Pertanyaan besar adalah apakah dia akan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden yang diusung oleh partainya saat ini, yakni PDI Perjuangan, atau justru bersedia dicalonkan sebagai calon Wakil Presiden oleh Prabowo. Namun, perhatian publik bukan hanya terfokus pada karir politik Gibran, melainkan juga pada bisnisnya sebelum ia terjun ke dunia politik.

Gibran dikenal memiliki beragam bisnis, mulai dari bidang kuliner, game, hingga jas hujan. Salah satu bisnis terkenalnya adalah startup bernama Goola, yang pada tahun 2019 mendapatkan suntikan modal senilai US$5 juta dari firma modal ventura Alpha JWC. Kabarnya, bisnis Goola akan dikelola oleh adiknya, Kaesang Pangarep.

Berikut ini adalah daftar bisnis yang dimiliki oleh Gibran:

Goola: Startup ini bergerak di bidang kios produk minuman tradisional, seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren. Goola menargetkan pangsa pasar kelas menengah dan dapat ditemukan di sejumlah mal ternama di Jakarta.

Katering Chilli Pari: Bisnis ini berdiri sejak 2010 dan terkenal sebagai salah satu bisnis jasa boga di kota Solo. Katering Chilli Pari juga telah merambah ke berbagai kota lainnya seperti Yogyakarta, Ngawi, Madiun, dan Semarang. Selain katering, bisnis ini juga mencakup wedding organizer, pengadaan suvenir, undangan, dan foto pre-wedding.

Markobar: Markobar adalah bisnis kuliner yang dikenal karena martabaknya yang unik dengan berbagai topping dan cara penyajian yang kreatif. Bisnis ini dimulai di Solo dan telah merambah ke berbagai kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, Makassar, dan Manado.

Pasta Buntel: Pasta Buntel menghadirkan pasta dengan harga terjangkau dan cita rasa khas Indonesia. Gibran merupakan penyuntik modal dalam bisnis ini, yang awalnya didirikan oleh tiga orang lainnya.

Mangkok Ku Indonesia: Merupakan bisnis kuliner hasil kerja sama antara Gibran, Kaesang, dan Chef Arnold Poernomo. Mangkok Ku berfokus pada slogan "Bersih Merakyat Nikmat Nyata."

Tugas Negara Bos: Berbeda dengan bisnis kuliner, bisnis ini menghasilkan jas hujan yang populer setelah Najwa Shihab terlihat menggunakannya. Sebagian keuntungan dari bisnis ini didonasikan untuk mendukung pembangunan pesawat buatan Indonesia R80.

Permainan Hompipa Games: Gibran dan Kaesang memiliki penerbit dan pengembang game dan card games dengan fokus pada konten dan nilai-nilai positif Indonesia. Beberapa judul game yang mereka kembangkan antara lain Orang Rimba: The Forest Keeper, Acaraki: The Java Herbalist, Math Cat, Senggal-Senggol Gang Damai, dan The Art of Batik.

Icolor: Bisnis ini melakukan reparasi produk keluaran Apple dan berada di bawah naungan PT Icolor Digital Indonesia. Icolor mendirikan cabang di Jakarta karena mayoritas penduduk ibu kota menggunakan produk Apple.

Gibran Rakabuming Raka bukan hanya seorang politikus yang berpotensi besar, tetapi juga seorang pengusaha dengan beragam bisnis yang mencakup berbagai sektor. Bisnisnya telah menarik perhatian publik sebelum kemungkinan pencalonannya sebagai calon Wakil Presiden.





Reponsive Ads