Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Baekhyun, Xiumin, dan Chen, telah mengajukan permohonan pemutusan kontrak eksklusif

Baekhyun, Xiumin, dan Chen, telah mengajukan permohonan pemutusan kontrak eksklusif  Suara Indonesia - Tiga anggota boygroup Kpop EXO, yai...

Baekhyun, Xiumin, dan Chen, telah mengajukan permohonan pemutusan kontrak eksklusif 

Suara Indonesia
- Tiga anggota boygroup Kpop EXO, yaitu Baekhyun, Xiumin, dan Chen, telah mengajukan permohonan pemutusan kontrak eksklusif dengan SM Entertainment pada Kamis, 1 Mei 2023. Mereka menyangsikan transparansi pembayaran dan mengajukan permintaan dokumen yang merinci pendapatan dan pembayaran mereka dari Maret hingga Mei.

Firma Hukum LIN, yang mewakili anggota EXO, mengkritik SM Entertainment karena memaksa artisnya untuk menandatangani kontrak eksklusif yang panjang, sekitar 12 hingga 13 tahun, dan baru-baru ini menuntut artis tersebut untuk memperbarui kontrak mereka sebelum waktunya, memperpanjang durasi kontrak menjadi sekitar 17 hingga 18 tahun. Para artis merasa bahwa SM Entertainment terus menerapkan "kontrak perbudakan" yang tidak adil dan melanggar undang-undang yang ada seputar kontrak eksklusif di industri hiburan.

Namun, ini bukanlah kali pertama artis dari SM Entertainment memutuskan untuk keluar dari agensi. Berikut adalah beberapa artis yang telah meninggalkan SM Entertainment:

H.O.T.: Grup ini terbentuk pada tahun 1996 dan sangat populer pada masanya. Namun, pada tahun 2001, Jang Woo Hyuk, Tony Ahn, dan Lee Jae Won memutuskan untuk keluar dari SM dan membentuk grup baru bernama JTL.

Jang Nara: Jang Nara bergabung dengan SM sebagai aktris dan penyanyi pada 2001. Ia memilih untuk keluar dari SM Entertainment dan sekarang bergabung dengan agensi yang dibuat oleh ayahnya sendiri.

S.E.S: S.E.S adalah girl grup pertama produksi SM yang debut pada 1997. Namun, pada akhir 2002, Bada, Eugene, dan Shoo memutuskan untuk bubar karena tidak setuju dengan kebijakan SM yang ingin mengontrak mereka sebagai individu, bukan sebagai grup.

M.I.L.K: Girl group ini bubar pada 2003 setelah Yumi memutuskan untuk keluar. M.I.L.K awalnya dibentuk oleh BM Entertainment, label saudara dari SM Entertainment.

SHINHWA: Boy Group ini debut pada tahun 1998. Setelah kontrak mereka habis, mereka memutuskan untuk meninggalkan SM Entertainment dan bergabung dengan Good Entertainment. Saat ini, anggota grup lebih aktif dalam kegiatan individual.





Reponsive Ads